Kamis, 10 Agustus 2017

Sembuh Total Dari Telinga Berdengung ( Tinnitus)





10 Agustus 2017
Sebelumnya aku minta maaf bgt karna udah lebih dari 1 tahun ga ngeblog lagi.  Kayaknya ada aja yang dilakuin (pembenaran diri sendiri, padahal males nulis) hehehe...
Tulisan ini lanjutan dari judul sebelumnya soal kronologis aku kena tinnitus sampe berobat ke dokter. Silahkan klik linknya kalau kamu tertarik baca Telinga Berdengung (Tinnitus).
Jadi langsung aja ke poinnya aja ya..
Oia, Ini info penting dimana aku berobat ..

Prof. Helmi

RS SS Medika

Jl. Salemba I No.11, RT.4/RW.6, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430



 
1.       Masih berdengung ga setelah konsultasi pertama?
Jawaban : Alhamdulillah, sembuh total dan sampai aku nulis blog ini ga pernah kambuh.
2.       Diagnosa dokter apa?
Jawaban : Pertama di cek bagian dalam telinga, hasilnya bersih dari kotoran dan ga ada luka di gendang telinga. Lanjut tes audiometri, hasilnya waktu itu 60 dB dan masuk kategori Sedang. Bahkan Prof. Helmi vonis aku kena stroke ringan di syaraf pendengaran aku yang mengakibatkan  tuli mendadak.
3.       Penyebab Tinnitus?
Jawaban : Awalnya aku tanya apa karna aku gemuk? Tapi ternyata Prof. Helmi bilang Tinnitus itu bisa menyerang siapa aja. Ga peduli tua muda, kurus gemuk, rajin atau malas olahraga. Yang pasti di kasus aku kemungkinan aliran darah ke pembuluh darah otak aku kurang lancar.
4.       Apa saran dokter?
Jawaban:
-          Kurangi Stres. Karna waktu itu ditemenin suami pas periksa, Jadi Prof. Helmi bilang ke suami supaya sering-sering ajak aku jalan-jalan biar happy terus.. Langsung kode ke suami..hahahahaha
-          Jangan Cape
-          Kurangi Garam atau makanan yang asin. Karna sifat garam itu mengikat lemak, lemak bisa menyumbat aliran darah di pembuluh darah kita.
-          Minum 2,5 L (volume air yg kita minum harus disesuaikan dengan berat badan. Waktu itu Prof. Helmi tanya BB aku dulu sebelum beliau bilang aku harus minum 2,5 L per hari. FYI, BB aku waktu itu 75 kg)
5.         Biaya?
Jawaban : Kurang lebih 600-700 ribu. Itu sudah termasuk konsultasi, tes audiometri dan obat.
6.       Berapa lama penyembuhan dari pertama konsultasi sampai bener-bener ilang dengungnya?
4 hari.  Walaupun dengung udah ilang , tapi obat diminum sampe habis. Saran dari Prof. Helmi, kalau terjadi dengung di telinga baiknya langsung dibawa segera ke dokter. Jangan ditunda !!!  Agar penanganan bisa lebih optimal dan belum terjadi gangguan pendengaran yang lebih serius.



7.       Tips jika telinga berdengung?
-          Langsung bawa ke dokter!!!
-          Ga usah banyak pikiran gegara googling soal tinnitus!! Penyebab dan penyembuhan tiap orang beda-beda.
-          Kalo udah pergi ke dokter, lakuin apa yang disaranin dan dilarang dokter!!
-          Kalo udah sembuh tetep lakuin saran dokter, supaya nyegah si tinnitus dateng lagi.

Semoga blog ini bisa ngebantu buat kalian yang butuh review ya.. Dan aku doain yang lagi ngalamin supaya cepet sembuh !!! Amin

Maaf untuk semua yang udah kirim pertanyaan tapi belum aku balas, Silahkan hubungi saya di email ini.. dhiniwidii@gmail.com

36 komentar:

  1. ass. mbak aku udah hampir satu bulan ini kena telinga berdengung. aku lagi hamil 30 Minggu waktu itu, kejadiannya cepet bgt pas bangun tidur tiba2 telinga udah berdengung aja. udah 3 dokter THT yg aku kunjungi dan masing2 beda diagnosa nya. Krn lg hamil obat dr dokter gk aku minum. banyak juga yg bilang ini bawaan hamil, aku sampe frustasi awalnya pas Googling kalo telinga berdengung itu susah di obati. aku pengen sembuh ada kiat2 nya gk mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mbak Tary,
      semoga kehamilan mbak sehat dan lancar sampai persalinan nanti ya.. Amin..
      wah udah 3 dokter THT ya? hmm.. sebaiknya sih kalo udah dikasih obat dari dokter harus segera diminum mbak.Kalo dokter 1 ga ada membaik baru ke dokter lain. Jangan lupa googling review dokter specialist THT yg bagus.
      kalo kiat-kiat sih yg penting harus bedrest total, ga boleh cape apalagi stres, minum air putih 2 L dan kurangin konsumsi garam.. Semoga lekas sembuh dan sarannya bermanfaat ya mbak Tary

      Hapus
  2. Hi.Tary... aq jg saat ini sedang mengalami Hal yg sama persis dgan Ibu telinga sy Skrng masih berdenging dan rasanya Tuli dan jg hamil 27 minggu... sy mw tanya apa skrng Kondisi mba sudah membaik?? Jika iya sy ingin tau Kiat2nya mba. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Zhy Lewis..
      Untuk kiat-kiatnya harus konsisten ikutin saran dokter diatas mba.. alhamdulillah saya sudah sembuh dan tidak pernah kambuh. Tapi kadang suka bandel..jadinya kalau mulai ada yang ga beres, telinga agak nyeri sebentar. Itu tandanya alarm untuk balik lagi ikutin saran dokter.

      Hapus
  3. Ass. Saya hilda. Mau tanya klu tinnutis kyk saya bisa

    BalasHapus
  4. Ass. Saya hilda, saya diagnosa kena tinnutis. Sudab

    BalasHapus
  5. Selamat malam,
    Perkenalkan saya Mike, tinnitus sudah 1th lebih.
    Dr. Prof Helmi praktek di mana ya?
    Terima kasih atas informasinya.

    Salam,
    Mike
    WA 0857-1814-0199

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak apakah sudah tau prof helmi dimana prakteknya

      Hapus
    2. Mbak apakah sudah tau prof helmi dimana prakteknya

      Hapus
    3. Prof. Helmi praktek di RS SS Medika , Jakarta
      Jl. Salemba I No.11, RT.4/RW.6, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430

      Semoga lekas sembuh ya Mba

      Hapus
  6. mb, klo bikin blog. ya.. d jawab to org tnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya minta maaf ya mas. Memang sering ga aktif cek blog. Next, kalau ada pertanyaan silahkan kirim ke email saya. terima kasih

      Hapus
  7. Obatnya apa ya kak? Saya jg diagnosa mirip kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lupa mba Serena. Silahkan konsultasi langsung saja ke dokter yaa..Semoga lekas sembuh

      Hapus
  8. Obatnya apa ya kak? Sy juga diagnosa mirip kaka

    BalasHapus
  9. Mba udah beberapa hari ini saya telinga nya berdenging, kmren udah di bersihin ke tht, tp masih aja berdenging, pas dtanya dokter setelah di bersihkan emg agak mendingan, mas nyampe rumah merasa lagi, jadi parno sih mba, kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belum sembuh juga, sebaiknya kembali lagi untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter.
      Semoga lekas sembuh ya

      Hapus
  10. ini yaang pny blog kemana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Mba Dewi Shinta, memang sering ga aktif buka blog. Kalau ada pertanyaan silahkan kirim ke email saya.
      Terima kasih

      Hapus
  11. mba please dong beritahu alamatnya praktek prof helmi?krn ortu saya sdh pergi ke 3 dokter tdkada sembuh dr tinitus please dong mba dijawab

    BalasHapus
  12. Selamat siang. Qu juga lagi mengalami telinga berdengung. Susah 6 x Ke doktere THt. Dan diaknosa tinnitus. Sampe Sekarang lum sembuh. Sudah 4bln telinga saya berdengung segala macam pengobatan Sudah saya lakukan. Tpi belum sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh sembuh blm gan
      Saya jg kena teling berdengung udh 6 bln gan blm sembuh jg
      Klo dah sembuh ksh thu obat y apa

      Hapus
  13. Saya jg kena tinnitus 3 mingguan, skrg hamil 37 minggu, ke tht sekali tp obat blm d minum krn takut, pusing jg sm penanganannya soalnya kondisi hamil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilangin rasa takutnya demi babynya ya Mba... Karna dokter pasti tau dosis yang tepat untuk kondisi Mba yang sedang hamil. Pelan-pelan saja ikuti saran dokternya Mba..
      Mudah-mudah lekas sembuh ya Mba Azizah

      Hapus
  14. kak, kuping saya ngedenging selama seharian, saya fikir bakal sembuh sendiri tapi masih terus bunyi 'nging' sampai sekarang. sampai susah buat tidur karena makin kedengeran bunyinya. apa harus segera dibawa kedokter ya? atau bakal sembuh sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya sih, segera dibawa ke dokter. Karna semakin cepat ditangani, inshaAllah semakin cepat sembuhnya.

      Hapus
  15. Assalamualaikum wr wb
    Ak terkena tinitus sudah 1bln dh ak bawa ke tht tp blm ad perubahan gimn caranya menghilangkan dengungan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, wr. wb

      Silahkan cari dokter tht lain untuk second opinion ya Mba/Mas..
      Semoga lekas sembuh

      Hapus
  16. Assalammualaikum Wr. Wb.
    Salam Sejahtera untuk kita semua.

    Teman teman yang telinganya berdenging (Tinnitus) dan menderita GERD / asam lambung naik dapat bergabung kesini.

    Asam lambung ke leher mempunya gejala
    - mulut pahit kering asem pada saat bangun tidur
    - hidung tersumbat saat bangun (bukan pilek)
    - leher kaku/nyeri/tegang utk menengok ke belakang
    - kliyengan
    - awalnya cuma satu telinga kemudian menjadi dua telinga, atau bisa sekaligus dua duanya
    - lidah dan amandel berlapis putih/lendir.
    - sesak nafas sedikit saat tiduran
    - mata kadang ngeblur/buram, sensitif cahaya pada saat malam hari
    Ada pernah yang Kena Tinitus ??
    - volume T nya mengecil dan membesar saat bangun tidur
    - berhubungan asma dan sinusitis

    Agar penderita GERD yg mengalami masalah telinga dapat saling bertukar informasi yg bermanfaat.

    Terima kasih kepada Admin yg sudah mengizinkan.

    https://www.facebook.com/groups/TinnitusIndonesiaGERD/

    BalasHapus
  17. Sy jga penderita tinnitus sdh 1 th lebih, tapi selama ini krn ketidak tahuan sy, sy abaikan. Baru minggu2 ini sy ke RSU, sy disarankan ke RSAL Mintohardjo,tdi sy ke RSAL lalu sy ditawarkan Terapy yg masuk ruangan berukuran oksigen tinggi (lupa namanya), coba aja anda penderita tinnitus berobat ke RSAL Mintohardjo, kesembuhan hanya milik Allah, tapi kita wajib berusaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali. wah infonya pasti sangat membantu sekali.
      Terima kasih atas masukannya.
      Semoga lekas sembuh

      Hapus
  18. Kok belum ketahuan prakteknya prof Helmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prof. Helmi praktek di RS SS Medika , Jakarta

      Hapus
  19. Terima kasih info penting ny ibu..

    BalasHapus
  20. Setiap orang pasti ada tinitus.. Saya hampir puluhan tahun. Udah beobat kemana mana. Tapi tidak sembuh.. Obatnya ada dari diri kita sendiri. . Berusaha untuk berpikir tenang. .Jangan stres. Kalau telinga kambuh berdenging. .Stel musik. Biar bisa teralihkan. .Ntr juga hilang sendiri. Jangan panik. .Jangan berpikir penyakit ini parah..bawa santai aja. .Bnyk bnyk beraktivitas.. Smakin dirasakan smakin buruk. .Obatnya ada dari diri kita sendiri. .

    BalasHapus
  21. Kita jangan stress jika uda kena malam meditasi aja atau doa karna kga ada obatnya.dan hanya makan obat vit otak ginko 1x2 atau tebokan 1x1 dan metycobal 1x2.sakit ini kga menular.kita yank derita tapi kita jangan cemas karna ini bukan kanket.dan hanya kita menderita maka alihkam pikiran saat malam diam hening doa atau dengar ceramah intinya yank bisa buat pikiran damai baru bisa mengecil bunyinya.pijat2 daerah paka telinga agar sirkulasi darah lancar.jaga kolestrol jngam tinngi.jangan pake hand set lagi di telimga .dengan bumyi keras .bahaya.jika mau dengar musik pelan aja.kita bershabat aja ama dengimk nya anggap aja ihi anugrah agar kita lebih hidup tenang damai kita makan obat otak setiap hari agar darah lamcar .aku uda ke tht banyak dijakarta sd singapure kga ada obatmya hanya obat vit otak ama.perlancar darah aku uda tulis diatas.kita.suatu saat akan budek kga apaa kita pake alat dengar aja .atau operasi pasang alat bisa dengar operasi kecil.jangan cemas akan jadi kerass .menderita malam adalah pasti.kiya harua bertahan hidup walau kena sakit apapun .jng streass alihkam pikiran saaat malam sulit tidur.laser dan hangatkan dengan infra red lampu di tht perhati .ada special kuping.jika infeksi bisa sembuh dengan atibotik tapi kalo kna hp dengan suara keras musik susah sembuh .sd kita budek maka stop mendeerita kita pasang alat aja operasi kecil pasang batre buat dengar yah di tht perhati proklamasi.

    BalasHapus